SELAMAT DATANG

MONGGO...MAS EN MBAKYU

Tuesday, December 1, 2009

TABUNGAN DAN ARISAN QURBAN

Setiap muslim disunahkan berqurban seekor Kambing / Sapi, tetapi bagaimanakah cara setiap muslim bisa berqurban seekor Kambing / Sapi. Masih ingat referensi saya mengelola keuangan disini kita bahas 2 hal tersebut :

1. TABUNGAN QURBAN
Tabungan qurban adalah salah satu cara kita berqurban setiap tahun dengan cara menabung setiap bulannya. Tabungan tersebut harus berlandaskan Niat dan Ikhlas karena allah swt.
contoh :
Satu ekor Kambing, Kita prediksi Harga Kambing yang sedang 1.5 juta rupiah maka kita tinggal membagi 12 bulan = 125 ribu rupiah tiap bulannya. Kita bisa sisihkan melalui bank atau dibuatkan tempat penyimpanan uang (Celengan)
Satu ekor Sapi, Disini harus disepakati 7 orang yang mau berqurban, Kita prediksi Harga Sapi yang sedang 9.2 juta rupiah +plus potong 300 ribu maka tinggal kita bagi 7 orang = 1.4 juta perorang. Maka tiap bulan kita harus menabung 120 ribu tiap bulannya.

2. ARISAN QURBAN

Arisan Qurban adalah kumpulan beberapa orang yang disepakati (1 Sapi = 7 Orang) untuk berqurban. Maksud disini peserta arisan direncanakan untuk 3 sapi = 21 orang untuk 3 Tahun.
Maka semua orang harus memberikan iurannya tiap bulannya dan arisan akan dikocok untuk 1 Sapi = 7 orang tiap tahunnya jadi 3 Sapi untuk 3 tahun.
Sistem arisan lebih murah dalam iurannya tiap bulan karena biasanya iurannya sepertiga dari tabungan qurban.
Contoh : Pasaran harga Sapi 9.5 juta dibagi 12 bulan dibagi 21 orang = 38 ribu/ orang iuran tiap bulannya. Untuk Nama Pesertanya akan dikocok atau didepakati mana yang lebih dulu mau berqurban untuk tahun 1, 2,3

Kedua hal tersebut untuk mendapatkan ridho Allah Swt dimana kita harus selalu bersyukur dengan nikmat Allah swt dan memberikan apa yang kita punya.

Point 1 sudah saya coba dengan istri alhamdulillah tiap tahun bisa berqurban 2 Ekor kambing dan tahun berikutnya ikut 2 tabungan Sapi dengan keluarga besar orang tua

Point 2 bisa dilakukan bilamana kita ingin mempermudah dan murah dalam berqurban dengan keterbatasan dana.

Semoga bermanfaat

Sumber : Darus Isnanto